Yakin Pakai Sparepart KW?

by | Feb 18, 2022 | Tips Perawatan | 0 comments

Hallo Sobat Honda!

Membahas sparepart selalu menjadi topik perbincangan menarik diantara pengguna kendaraan roda empat. Kebutuhan akan sparepart sudah seperti kebutuhan primer apabila kita sudah meyakinkan diri untuk meminang mobil impian kita. Sebaik apapun kita merawat mobil kita kebutuhan akan sparepart tidak akan membebaskan kita 100% dari kebutuhan akan sparepart yang ada dalam mobil kita.

Baca Juga : Promo Servis Mobil Honda Perkasa Klaten

Sparepart adalah salah satu unsur kendaraan yang vital apabila melihat dari “tugas” yang dibebankan kepada masing-masing sparepart. Mimin berpendapat bahwa sparepart adalah perpanjangan usia efektif kendaraaan itu sendiri. Sejatinya mobil adalah sebuah moda transportasi yang digunakan untuk berpindah tempat dari satu tempat ke tempat yang lain. Dimana semakin sering kita menggunakan mobil kita, maka akan semakin besar pula kemungkinan perawatan atau penggantian terhadap sparepart yang ada pada mobil kita. Hal ini bukan lantas menjadikan sebuah sparepart menjadi tidak awet. Namun banyak faktor yang mempengaruhi sehingga memgaruskan perawatan atau penggantian sparepart. Drivers Habit, medan yang setiap hari dilalui, perlakuan sehari-hari, kecelakaan adalah beberapa faktor yang menyebabkan diharuskannya perawatan atau penggantian sparepart.

Di Indonesia sendiri ada setidaknya tiga kategori sparepart yang bisa kita temukan dipasaran. Pertama yaitu sparepart genuine(asli), kedua sparepart aftermarket, dan yang ketiga adalah sparepart KW.

1. Sparepart Genuine(Asli)
Sparepart Genuine adalah sparepart yang diproduksi dan dipasarkan oleh ATPM kendaraan yang bersangkutan. Seperti layaknya mobil Honda di tanah air dengan Honda Genuine Partsnya. Kehadiran dan ketersediaan sparepart original untuk layanan aftersales merupakan sebuah komitmen dari Honda Indonesia untuk bisa memberikan pelayanan terhadap ketersediaan suku cadang untuk setiap mobil yang diluncurkan. Ketersediaan suku cadang genuine adalah upaya yang dilakukan untuk memenangkan hati konsumennya, dimana ketika mereka membeli sebuah kendaraan tidak adak dipusingkan masalah perawatan dan penggantian suku cadang dikemudian hari.

Baca Juga : Cara Ganti Ban Mobil Gunakan Dongkrak

2. Sparepart Afermarket
        Sparepart Aftermarket hadir pada pasar untuk menjawab kebutuhan konsumen terhadap kemauan untuk mengganti beberapa dari suku cadang mereka menjadi tidak standar lagi. sebagai contoh anak muda yang memiliki All New City Hatchback menginginkan untuk mengganti velg bawaan dari Honda karena menginginkan diameter yang lebih besar. Maka dia akan membeli velg aftermarket dengan merk tertentu yang ada di pasaran untuk bisa memenuhi kebutuhannya tersebut. Skenario ini tidak hanya bisa terjadi di sektor kaki-kaki saja, namun ketersediaan suku cadang aftermarket juka menjangkau bagian paling dalam dari sebuah mobil, sebagai contoh suku cadang mesin dan suku cadang kelisttrikan. namun apakah kualitas suku cadang aftermarket ini dibawah dari kualitas suku cadang genuine? jawabannya tergantung. Banyak pabrikan terkenal di dunia yang menyediakan suku cadang aftermarket untuk mobil-mobil tertentu. namun perlu untuk digaris bawahi dimana pabrikan mendesain sebuah mobil beserta dengan seluruh komponen yang ada didalamnya memalui riset yang panjang dan tidak instan, segala kemungkinan dan skenario dihitung dengan cermat dan tepat ketika sebuah sparepart dinyatakan lulus uji dan siap diproduksi massal. ingat juga pada mobil-mobil baru pengantian part vital dengan sparepart aftermarket bisa menghilangkan garansinya lohh hehehehe

Baca Juga : Harga Honda Perkasa Klaten

3. Sparepart KW/Palsu

Dimana ada barang asli, selalu muncul produk turunannya yaitu produk KW atau bisa dikatakan produk palsu. Produk hal ini dalam konteks sparepart adalah suku cadang yang dibuat oleh pihak tertentu pada mobil-mobil komersil dimana tujuan utamanya adalah memberikan opsi suku cadang kepada konsumen dengan fungsi sama dan harga yang jauh lebih murah. 
Perlu kita klarifikasi terkait dengan fungsi yang sama ini adalah suku cadang tersebut bisa terpasang dan berfungsi sebagaimana suku cadang asli, namun yang tidak mendapatkan jaminan adalah sejauh mana kepresisian suku cadang tersebut dan bagaimana tingkat durabilitasnya. Serta perlu kita pahami juga terkait suku cadang palsu ini adalah bagaimana efek jangka panjang yang akan diberikan adalah kita tidak mengetahuinya. Beredar luasnya produk KW atau palsu ini memang menjadi seperti hal yang kaprah di dunia otomotif. Padalah tindakan meniru sebuah suku cadang dan menggandakan tanpa sepengetahuan dari pemiliknya merupakan salah satu bentuk pembajakan dan pelanggaran hak cipta loh guys.
Memilih untuk menggunakan sparepart KW bukanlah sebuah bentuk pelanggaran hukum, dan memang memilih untuk menggunakan suku cadang palsu adalah sebuah bentuk pilihan karena disebabkan oleh suatu kondisi tertentu. Namun perlu disepakati bersama menggunakan suku cadang KW merupakan investasi jangka panjang yang buruk. Kita tidak pernah tau seberapa aman dan terukurnya suku cadang KW yang sudah kita pasang pada kendaraan kita. 

Dealer Honda Perkasa Klaten sebagai dealer resmi untuk wilayah Klaten dan sekitarnya siap memberikan pelayanan yang terbaik bagi Anda

Untuk info lebih lanjut silahkan
Kunjungi dealer Honda Perkasa Klaten.
Jl. Raya Solo – Jogja No. 168 Tangkisan Pos, Jogonalan, Klaten.
Telp : 0272-3391655 / 3391365
Team Telemarketing
Dina : 082133727332
Ita : 082242421128
Official Website : www.hondaperkasaklaten.co.id
Official IG : @hondaperkasaklaten_official