Tips Perawatan Mobil: 5 Tips Perawatan Mobil Yang Dapat Anda Lakukan Sendiri

by | Feb 10, 2021 | Tips Perawatan | 0 comments

Setiap tahunnya produksi mobil selalu mengupdate teknologinya menjadi lebih baik dan lebih tinggi dari sebelumnya.
Namun, tidak semua perawatan kendaraan mengharuskan Anda memiliki pengetahuan mendalam tentang mekanik otomotif atau bahkan mahir dengan seperangkat alat.
Tugas perawatan mobil yang paling sederhana dapat ditangani oleh siapa saja di halaman rumah atau garasi. Berikut beberapa alasan untuk memanfaatkan tip perawatan mobil:

Tips perawatan mobil sederhana untuk melindungi investasi Anda
Banyak pemilik mobil yang kurang memperhatikan kebutuhan kendaraannya hingga timbul masalah.
Ya, Anda bisa membawanya ke bengkel mobil kami sekali atau dua kali setahun untuk penggantian oli terjadwal secara rutin dan perawatan lainnya kebetulan kami sedang ada promo menarik ganti oli plus gurah mesin hemat. Namun, ada banyak hal yang dapat dilakukan pengemudi untuk memastikan kendaraan mereka tampil baik dan bekerja sebaik mungkin.
Tugas perawatan yang termasuk dalam lima tips perawatan mobil ini mudah dilakukan dan tidak membutuhkan banyak investasi waktu.

1. Periksa baterai Anda
Kendaraan Anda tidak akan kemana-mana jika baterainya rusak, jadi luangkan waktu untuk inspeksi visual cepat dan pembersihan sesekali komponen penting mobil Anda.
Setidaknya setahun sekali, periksa terminal baterai Anda apakah ada tanda-tanda asam baterai putih kering. Jika ada, lepas kabel dari aki (lakukan kabel negatif dulu).
Gunakan sikat kawat dan cairan penghilang korosi dari toko perlengkapan otomotif untuk membersihkan bahan korosif dari terminal baterai. Campuran soda kue dan air juga bisa digunakan.
Bilas area yang telah dibersihkan dengan air, keringkan dengan lap, dan sambungkan kembali kabel aki (pasang kabel positif terlebih dahulu).

2. Ganti bilah penghapus kaca depan Mobil Anda
Salah satu keamanan terbesar saat berkendara adalah memiliki kaca depan yang jernih untuk memberikan jarak pandang jalan terbaik.
Harus dipertimbangkan sebagai prioritas utama untuk mengganti bilah penghapus kaca depan yang sudah aus yang melompati, meninggalkan goresan di kaca depan Anda, atau tidak efektif menghilangkan hujan. bila terdengar suara mencicit, itu indikator lain bahwa sudah waktunya untuk mengganti bilah penghapus.
Sekalipun bilah penghapus Anda tampak berfungsi dengan baik, periksa strip karet pada bilah secara berkala untuk mencari tanda-tanda retak. Sesekali lap karet strip dengan lap basah atau handuk kertas untuk menghilangkan kotoran. Umumnya, disarankan untuk mengganti bilah penghapus Anda setiap 6-12 bulan. 

3. Cuci kendaraan Anda
Salah satu tips perawatan mobil yang paling mudah diikuti adalah dengan mencuci kendaraan Anda secara rutin. Melakukannya akan melindungi eksterior kendaraan Anda dan membuatnya tetap terlihat baru.
Para ahli mengatakan bahwa seberapa sering Anda mencuci mobil akan ditentukan oleh beberapa faktor:

  • dimana itu diparkir
  • seberapa sering mobil di kendarai
  • kondisi cuaca

Biasanya ide yang bagus untuk mencuci kendaraan Anda setiap 2-4 minggu, bergantung pada faktor-faktor di atas. 

4. Waxing kendaraan mobil Anda
Jika Anda mencuci mobil secara teratur untuk menjaga penampilan dan integritas eksteriornya, tambahkan satu lagi tips perawatan mobil ini ke rutinitas perawatan Anda – lakukan waxing pada mobil Anda.
Selain menjaga kilau eksterior kendaraan, waxing juga melindungi lapisan bening dan catnya dari elemen-elemen buruk yang disebutkan di atas.
saran : sebaiknya lakukan waxing dua atau tiga kali per tahun, tidak terlalu sering.

5. Periksa tekanan ban Anda
Banyak kendaraan modern hadir dengan sistem pemantauan tekanan ban, namun tidak ada salahnya untuk mengecek tekanan ban secara manual. Pengukur tekanan ban yang baik harus dianggap sebagai alat yang penting bagi setiap pengemudi, seperti halnya inflator ban portabel / kompresor udara mini.
Mengemudi dengan ban yang terlalu kempes dapat:

  • menurunkan penghematan bahan bakar
  • merusak ban dan menyebabkannya akhirnya meledak karena terlalu panas
  • batasi kemampuan mobil