Kendaraan yang dipakai terus menerus tanpa diberikan waktu istirahat akan menumpulkan performanya. Hal ini juga berlaku jika kendaraan anda hampir tidak pernah digunakan. Sayangnya, kebanyakan dari kita masih cuek dalam perawatan mobil. Mereka hanya tahu memakainya saja. Sementara, jika mobil tiba-tiba mengalami kerusakan, tentunya Anda tidak bisa berbuat apa-apa dan Anda akan segera membawa mobil ke bengkel. Padahal, jika melakukan perawatan mobil sejak awal memilikinya, mobil tidak akan mudah rusak. Lantas, adakah cara yang dapat dilakukan untuk menjaga performa mobil Honda tetap prima? Simak tips berikut ini:

Lakukan Perawatan Radiator

Cairan untuk mengisi radiator sangat penting, agar radiator tersebut tetap bersih dan menjaga dari kerak. Air radiator yang kotor membuat radiator tersebut cepat berkerak sehingga aliran air ke mesin mobil juga tidak lancar, sehingga mengakibatkan gangguan pada pendingin dan mesin mobil anda cepat panas. Air radiator yang direkomendasikan adalah cairan coolent, jangan menggunakan sembarang air termasuk air sumur yang mungkin memiliki kandungan logam yang tinggi. Bersihkan juga radiator secara berkala agar tidak tersumbat.

Merawat aki mobil

Aki adalah komponen penting dalam mobil, untuk itu merawat aki adalah juga sangat penting. Dari pemeliharaan untuk aki basah, jaga level ketinggian dan level bawah air aki yang seharusnya, jika airnya kurang isilah. Kencangkan dan bersihkan setiap kutub (klem) aki agar tetap bersih. Gunakan ampere yang sesuai dengan kebutuhan listrik mobil terutama mereka yang memakai aksesoris tambahan. Jangan terlalu sering menyalakan sound sistem tanpa menghidupkan mobil. Kendaraan yang jarang dipakai menyebabkan aki cepat soak dan rusak.

Lakukan servis berkala

Dengan servis berkala, maka mekanik atau ahlinya akan mengecek fungsi-fungsi dari komponen mobil agar bisa lebih maksimal, mulai dari ganti oli, cek air radiator dan aki, kaki-kaki kendaraan, keseimbangan mesin mobil, AC, rem, kopling termasuk juga ban mobil secara keseluruhan.

Gunakan Bahan Bakar yang Sesuai

Tipe bahan bakar yang ideal dan direkomendasikan biasanya tercantum pada setiap kendaraan. Dengan menggunakan bahan bakar ideal yang direkomendasikan untuk mobil Anda, hal ini memungkinkan kinerja mesin menjadi tetap efektif dan efisien.

Panaskan Mobil Secara Rutin

Terutama bagi Anda yang mobilnya jarang digunakan, memanaskan mesin mobil merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Fungsi dari memanaskan mesin mobil adalah untuk menjaga sirkulasi oli dan kondisi komponen kelistrikan pada mobil, seperti aki, tetap baik, sehingga dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Lakukan spooring dan balancing

Saat dalam perjalanan., perhatikan keseimbangan kendaraan, apa mobil tertarik ke kiri ataupun ke kanan, jika itu terjadi servislah lakukan spooring dan balancing agar laju kendaraan bisa seimbang. Jika itu dibiarkan bisa merusak tapak ban dan merusak kaki-kaki mobil.

Ganti oli secara berkala

Untuk penggantian oli anda bisa melakukannya di bengkel resmi Honda Perkasa Klaten, rekaman dan pencatatan penggantian oli akan diberikan kepada anda dan bisa digantungkan di mobil untuk memudahkan anda mengingatnya. Jika anda kehilangan catatan tersebut anda juga tidak perlu bingung, karena di bengkel resmi ada rekaman atau catatan ganti oli tersebut, sehingga anda cukup telpon customer service saja. Oli mesin sendiri memiliki ketahanan dari 5.000 – 10.000 km. Pengecekan manual bisa dilakukan di rumah dengan mencabut stik oli dan mengukur level volume oli tersebut dan cek juga kadar oli apakah sudah banyak kotoran atau belum.

WhatsApp chat