Tips Berkendara Saat Hujan.

by | Dec 8, 2020 | Tips Perawatan | 0 comments

Hujan deras mengakibatkan kondisi jalanan yang licin tanpa jarak pandang dan dalam keadaan situasi seperti ini mengharuskan pengemudi menyesuaikan gaya mengemudinya, karena jika tidak akan membahaya si pengemudi itu sendiri. Kondisi cuaca hujan tidak bisa dianggap remeh. Diperlukan persiapan yang baik agar berkendara di musim hujan aman dan selamat sampai di tujuan. Berikut tips berkendara saat hujan agar aman ketika akan berkendara dalam kondisi hujan.

1.) Pelan – pelan
Berkendaralah dengan kecepatan yang Anda rasa paling nyaman dengan kondisi cuaca hujan. Dengan mengurangi kecepatan, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk bereaksi jika mobil lain kehilangan kendali atau Anda menghadapi genangan air yang besar.

2.) Waspadai hydroplaning
Ini adalah saat kendaraan Anda berjalan atau meluncur di atas air dan tidak ada, atau sangat sedikit, kontak dengan tanah. Jika ini terjadi, Anda kehilangan atau mengurangi traksi secara signifikan, jadi Anda tidak boleh melakukan gerakan tiba-tiba. Hal terbaik yang harus dilakukan adalah tetap tenang, melepaskan kaki Anda dari pedal gas dan kemudian mengarahkan ke arah yang Anda inginkan.

3.) Gunakan Wiper Berkualitas Baik
Diantara beberapa tips yang diberikan, menggunakan wiper yang berfungsi dengan baik merupakan hal yang paling penting. Wiper yang sudah getas tidak dapat menyapu seluruh permukaan kaca dari air dengan maksimal, sehingga Anda semakin sulit untuk melihat secara jelas. Untuk mengenali ciri-ciri wiper yang sudah harus diganti.

4.) Ketahuilah bahwa jalan mungkin licin
Jika sudah beberapa lama tidak turun hujan, perlu diingat bahwa jalanan bisa jadi sangat licin. Dalam cuaca kering, oli dan gemuk mesin akan menumpuk di jalan raya, dan jika digabungkan dengan air, ini membuat perjalanan menjadi licin.

5.) Jangan mengemudi pada genangan air yang besar
Cobalah untuk menghindari atau berbalik dan coba rute yang berbeda. Hanya dengan melihat genangan air, sulit untuk mengetahui seberapa dalam sebenarnya. Anda tidak ingin mengambil risiko melewatinya dan menabrak lubang yang dalam atau memercikkan air ke sistem kelistrikan mobil.

6.) Nyalakan Headlamp dan Foglamp
Selain menyalakan headlamp, foglamp atau lampu kabut juga perlu dinyalakan untuk mendukung visibilitas yang lebih baik selama berkendara.

7.) Periksa rem Anda
Setiap kali Anda berkendara melalui genangan air yang besar, setelah itu, ketuk pedal rem dengan lembut untuk membantu mengeringkan rotor Anda.

8.) Nyalakan lampu depan Anda
Hal ini memungkinkan pengendara lain untuk melihat Anda dengan lebih baik. Hindari menggunakan lampu sorot tinggi karena Anda dapat membutakan pengemudi lain dan lampu ekstra akan memantul dari tetesan hujan, menyebabkan lebih banyak gangguan bagi Anda. Jika hujan menyebabkan kaca depan Anda berkabut, nyalakan alat penghilang es jendela Anda. Periksa apakah AC dihidupkan sehingga Anda dapat menghilangkan kabut sesegera mungkin.

9.) Jaga jarak dari truk atau bus besar
Semprotan dari ban mereka dapat menghalangi penglihatan Anda dan membuatnya sangat sulit untuk dilihat. Anda harus menghindari mengopernya, tetapi jika Anda benar-benar harus melakukannya, lakukan operan secepat mungkin.

3.) Jangan Menyalakan Lampu Hazard
Terkadang, kerap ditemui beberapa pengendara mobil yang menyalakan lampu hazard saat berkendara ditengah hujan. Sebenarnya, hal ini tidak perlu dilakukan. Kenapa? Lampu hazard berfungsi untuk dinyalakan saat mobil Anda harus menepi karena keadaan darurat, guna memberi aba-aba kepada pengendara lain bahwa mobil Anda sedang bermasalah. Dengan kata lain, lampu hazard lebih tepat dinyalakan saat mobil Anda dalam keadaan diam atau terparkir.

Saat Anda menyalakan lampu hazard ketika mobil melaju, lampu sein otomatis tidak berfungsi dan membuat pengemudi dibelakang kebingungan karena tidak bisa menebak pergerakan mobil Anda: apakah akan berjalan lurus, berbelok ke kiri atau ke kanan, sehingga berpotensi menimbulkan kecelakaan. Cahaya dari headlamp bagian belakang sebenarnya sudah cukup untuk membuat mobil Anda terlihat oleh pengendara lain.

Dengan mengambil tips di atas, saat Anda terjebak dalam situasi hujan, Anda dapat tetap mengendalikan kendaraan Anda dalam situasi terburuk. Luangkan waktu Anda, bersabarlah, dan menepi jika Anda perlu. Pada waktunya, hujan kemungkinan akan reda dan Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan aman.

Manfaatkan Spesial Promo YES (Year End Sale) Hanya Di Dealer Honda Perkasa Klaten

Promo Desember jateng dealer 2020 (web)

Dealer Honda Perkasa Klaten sebagai dealer resmi untuk wilayah Klaten dan sekitarnya siap memberikan pelayanan yang terbaik bagi Anda

Untuk info lebih lanjut silahkan
Kunjungi dealer Honda Perkasa Klaten.
Jl. Raya Solo – Jogja No. 168 Tangkisan Pos, Jogonalan, Klaten.
Telp : 0272-3391655 / 3391365
Team Telemarketing
Dina : 082133727332
Ita : 082242421128
Official Website : www.hondaperkasaklaten.co.id
Official IG : @hondaperkasaklaten_official