Sistem pengereman pada mobil wajib selalu dalam kondisi prima. Sebab erat kaitannya dengan keselamatan berkendara. Tanpa dukungan performa yang bagus pada piranti ini tentu pengendara mobil tidak akan merasa nyaman dan aman selama melakukan perjalanan.

Di samping itu, kampas rem mobil yang habis juga dapat merusak komponan lain seperti cakram rem. Untuk mengenali kampas rem mobil yang habis sebenarnya sangatlah mudah karena Anda bisa merasakannya sendiri lewat perubahan saat melakukan pengereman mobil.

Rem yang Bergetar
Ketika mengendarai mobil dalam kecepatan tinggi, kemudian menginjak rem dan pedal anda terasa bergetar, maka itu bisa menjadi tanda kalau kampas rem anda sudah mulai habis.
Getaran terjadi umumnya karena kampas rem yang habis itu memiliki permukaan yang tidak rata sehingga saat mencengkram piringan cakram rem menjadi tidak sempurna dan efeknya menyebabkan getaran pada pedal. Kalau sudah makin parah getaran bisa mencapai ke stir mobil.

Muncul Suara Saat Pengereman
Ketika Anda melakukan pengereman kemudian timbul suara seperti gesekan logam, maka itu bisa jadi tanda kalau kampas rem mobil sudah habis. Kampas rem mobil yang habis, sudah pasti akan menyisakan bagian besinya saja. Gesekan dengan cakram rem (logam dan logam) menyebabkan suara muncul.

Minyak Rem
Anda bisa memeriksa minyak rem pada kap mobil Anda. Jika minyak rem turun (bukan karena kebocoran) maka ada kemungkinan kalau kampas rem Anda sudah mulai habis.
Jika Anda menemukan tanda-tanda seperti di atas, segeralah untuk membawa ke bengkel atau memeriksa kampas rem mobil sendiri kalau Anda memiliki keahlian. Periksa ketebalan dari kampas rem mobil, jika masih tebal Anda mungkin hanya perlu membersihkannya saja dari kotoran. Sebaliknya, jika kondisi cakram rem menipis, maka Anda perlu mengganti kampas rem mobil.

Terdengar Suara Berdecit
Apakah Anda pernah mendengar bunyi suara berdecit ketika menginjak pedal rem mobil? Hati-hati, itu adalah pertanda kampas rem mobil mulai habis. Bunyi yang dihasilkan layaknya suara gesekan logam atau besi.
Mengapa bisa begitu? Alasan utamanya adalah kampas rem yang sudah habis hanya meninggalkan bagian besinya saja. Kalau sudah begitu, maka sistem pengereman tidak lagi terkena kampas, melainkan bagian besi tersebut. Inilah yang membuat suara berdecit muncul saat Anda menginjak pedal rem.

Menekan Pedal Rem Terlalu Dalam
Kampas rem tromol yang digunakan di roda belakang mobil juga bisa habis. Kondisi ini membuat Anda harus menekan pedal rem lebih dalam agar sistem pengereman lebih baik.
Penyebab dari ciri-ciri ini dikarenakan rem tromol memiliki pegas pengembali. Jadi sejauh apa pun piston mobil bergerak, pasti akan kembali ke posisi semula secara otomatis.
Kalau kampas rem masih tebal, pergerakan piston hanya perlu sedikit saja karena tromol rem otomatis tertekan. Namun kalau sudah tipis, maka piston wajib bergerak lebih jauh agar tromol bisa tertekan.

Rem Tidak Pakem
Ciri-ciri ini termasuk yang paling terasa. Rem yang sudah tidak pakem menjadi pertanda paling nyata dari kampas yang telah habis. Hal ini bisa terjadi karena penekanan kampas kepada piringan sudah tidak merata.
Luas penampang rem akhirnya menjadi lebih kecil. Tenaga pengereman sudah pasti menjadi kurang maksimal padahal Anda sudah menekan pedal lebih dalam. Kalau sudah seperti ini, Anda jangan sampai menunggu waktu lebih lama lagi untuk datang ke bengkel dan melakukan perbaikan.