Mesin Mobil Mati Mendadak? Cek dan Kenali penyebabnya.

by | Mar 14, 2020 | Tips Perawatan | 0 comments

Mobil Mati Mendadak? yuk kenali Penyebabnya

Bagi para pemilik mobil, mogok adalah mimpi buruk yang tak ingin jadi kenyataan. Namun adakalanya, bisa saja mesin mobil tiba-tiba mati saat Anda sedang berkendara di jalan raya. Padahal saat pertama kali dinyalahkan pagi hari, mesin masih menunjukkan gejala normal.

Jika mesin mobil tiba-tiba mati di tengah jalan memang bisa membuat pengemudi panik. Apalagi jika kejadian tersebut berlangsung malam hari atau di lokasi yang sepi sehingga tak ada orang lain yang bisa menolong. Tentunya untuk menjaga agar tidak terjadi mobil mogok tiba-tiba ini, Anda perlu rajin merawat kendaraan Anda. Namun jika hal tersebut terjadi, pasti ada penyebabnya. Berikut beberapa penyebab mesin mobil mati tiba-tiba.

Promo New Honda BRV

  • Harga mulai Rp 249 Jutaan
  • Cashback mulai Rp 20 Jutan
  • Paket Kredit DP mulai Rp 25 Jutaan
  • Paket Kredit Cicilan mulai Rp 3 Jutaan
  • Paket Kredit Bunga 0%

1. Overheat
Penyebabnya bisa dari sektor radiator kurang maksimal ataupun akibat dari mesin yang terus menyala tanpa berhenti. Namun, pada mesin modern sudah terdapat sensor yang secara otomatis melindungi mesin dengan cara mematikan mesin secara bertahap jika terjadi overheat.

2. Timing belt
Fungsi timing belt adalah sebagai penyelaras putaran kruk as dan katup sehingga keduanya tidak berbenturan. Jika putus, kerusakan komponen jelas tak terelakkan lantaran piston akan menumbuk katup yang berada dalam posisi membuka. Risiko terparahnya bila sedang pada putaran rpm mesin tinggi akan menghancurkan komponen internal mesin.

 

(Baca juga : AC Mobil Ingin Tetap Awet? Yuk Simak Tipsnya)

 

3. Koil Rusak
Penyebab lainnya ketika mobil Anda bisa tiba-tiba mogok adalah koil yang rusak sehingga arus listrik dari aki menjadi terputus. Hal ini akan membuat pembakaran tidak terjadi karena pemantik api atau ignition tidak mendapat aliran listrik dari koil. Untuk mengetahui koil rusak atau tidak, yaitu dengan mengecek kabel distributor lalu menempelkannya pada bodi mobil dan kemudian mencoba menyalakan mobil. Kemudian coba lihat, jika muncul percikan api maka arus listrik masih ada, sebaliknya jika tidak ada percikan api maka dipastikan koil rusak.

5. Kehabis Bahan Bakar
Kasus ini sering terjadi. Walau indikator bensin di kabin menunjukan batas aman, tidak ada salahnya memastikan langsung dengan membuka tangki bensin dan mengeceknya, misalnya dengan memasukan sebatang kayu kecil ke dalamnya. Jika bensin kosong, berarti itu penyebab mesin mati, dan kemungkinan indikator bensin Anda bermasalah dan perlu diperbaiki. Masalah pada asupan bensin juga bisa menyebabkan mesin mati mendadak. Pompa atau injektor yang rusak bisa menyebabkan bensin tidak mengalir baik ke mesin. Selang-selang bahan bakar yang rusak juga bisa menimbulkan masalah serupa.

 

(Baca juga  : Penyebabnya mobil boros BBM (bahan bakar minyak))

 

Manfaatkan Spesial Promo HONDA with Love Hanya Di Dealer Honda Perkasa Klaten.

Honda Perkasa Klaten

Dealer Honda Perkasa Klaten sebagai Dealer Resmi untuk wilayah Klaten dan Sekitarnya siap memberikan pelayanan yang terbaik bagi Anda

Untuk info lebih lanjut silahkan
Kunjungi dealer Honda Perkasa Klaten.
Jl. Raya Solo – Jogja No. 168 Tangkisan Pos, Jogonalan, Klaten.
Telp : 0272-3391655 / 3391365

Team Telemarketing
Dina : 082133727332
Ita : 082242421128
Official Website : www.hondaperkasaklaten.co.id
Official IG : @hondaperkasaklaten_official