Manfaat Rotasi Ban Mobil Anda – Haii Honda Lovers mungkin sering mendengar istilah rotasi ban atau menukar ban. Hal ini biasanya terjadi ketika ban sudah digunakan menempuh jalan tertentu untuk memperpanjang usia ban.

Biasanya, direkomendasikan untuk melakukan rotasi ban setelah menempuh jarak 5.000 Km. Ketika melakukan rotasi, karena roda juga dilepas, ini bisa menjadi momen yang pas untuk melakukan inspeksi velg dan ban serta melakukan balancing.

Rotasi ban sebaiknya dilakukan karena beberapa alasan. Pertama, berat mobil terbagi dengan tidak merata. Misalnya pada mobil gerak roda depan, maka akan lebih banyak beban yang ditahan oleh ban depan, membuatnya cepat habis.

Lalu, keausan ban yang merata akan membantu pengendalian mobil karena daya cengkeram yang konsisten pada seluruh ban karena kondisi seluruh ban serupa.

Melakukan rotasi keempat ban mobil dari depan ke belakang dapat bermanfaat untuk menjaga tingkat keausan telapak ban secara merata. Sehingga, masa habis pakainya akan terjadi secara bersama-sama.

Jangan lupa juga untuk melakukan spooring dan balancing tiap 10.000 kilometer supaya ban habisnya rata, tidak habis bagian samping aja. Jika posisi ban tidak lurus dan beda satu derajat umur ban bisa berkurang.

Demikian manfaat rotasi ban mobil Anda, Melakukan rotasi pada ban selain bermanfaat untuk menjaga performa mobil, dengan kondisi ban yang baik maka keamanan dalam berkendara juga akan terjaga.