Manfaat Perawatan Berkala Setiap 6 Bulan – Kenapa dilakukan maksimal 6 bulan sekali? Hal tersebut dilakukan agar mobil tetap dalam kondisi prima, membuat aman dan nyaman saat dikendarai, menjaga efisiensi pemakaian bahan bakar, membuat umur mobil menjadi lebih tahan lama serta menjaga harga jual mobil anda.
Manfaat lain :

  • Menghindari penurunan performa kendaraan yang diakibatkan oleh komponen yang tidak terawatt, aus dan berkarat.
  • Mendapatkan rasa aman dalam berkendara karena kendaraan selalu dalam kondisi yang prima.
  • Komponen selalu terjaga kondisinya sehingga terhindar dari besarnya biaya perbaikan komponen yang rusak.

Anda mungkin saja lupa, atau karena kesibukan pekerjaan sehingga tidak memiliki waktu untuk merawat mobil anda ke bengkel. Padahal merawat kendaraan menjadi salah satu hal yang penting untuk kelancaran aktivitas anda. Bayangkan jika mobil anda rusak, pasti akan repot.
Salah satu hal terpenting dalam merawat mobil adalah dengan melakukan servis secara rutin atau servis berkala. Servis berkala pada mobil umumnya dilakukan dalam jangka waktu 6 bulan sekali atau kelipatan 10.000 km.

Kenapa dilakukan maksimal 6 bulan sekali?

  1. Menjaga OLI Mesin, OLI Transmisi dan Minyak REM

Komponen ini berfungsi untuk melumasi bagian-bagian kendaraan yang bergerak dan panas karena gesekan. Seiring waktu dan pemakaian, fluida akan mengikat partikel lain seperti uap air dan debu/kotoran sehingga menurunkan performanya dan mengubah sifat dari fluida tersebut.

Akibatnya jika telat service kendaraan tidak bertenaga, boros bahan bakar, bunyi tidak normal, keausan pada komponen kendaraan, penurunan kinerja pengereman kendaraan.

  1. Saringan OLI

Berfungsi menyaring kotoran dan partikel lainnya agar tidak masuk ke sistem mesin. Seringkali tanpa disadari terdapat pengendapan kotoran dan pengendapan akibat dari reaksi kimia yang terjadi saat kendaraan mengalami kemacetan.

Masalah yang ditimbulkan masuknya kotoran pada sistem mesin, muncul kebisingan dari mesin. Penting untuk melakukan perawatan berkala agar saringan oli bisa tetap terjaga atau kalaupun sudah waktunya ganti bisa segera diganti.

  1. Busi

Berfungsi untuk menyalakan campuran udara dengan bahan bakar untuk menjalankan mesin kendaraan. Tanda-tanda jika busi mengalami masalah biasanya diakibatkan terjadi keausan pada celah pengapian sehingga tidak berfungsi seperti seharusnya. Akibat yang mungkin terjadi jika masalah tersebut timbul kendaraan tidak bertenaga

  1. Air Filter

Berfungsi untuk menyaring kotoran dan debu dari udara yang masuk ke mesin. Air filter terdiri atas komponen lapisan-lapisan filter, biasa lapisan filter dapat tersumbat oleh kotoran dan partikel lainnya sehingga mengakibatkan kendaraan tidak bertenaga, boros bahan bakar.

  1. AC Filter

Berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam kabin sehingga udara tetap bersih dan sehat. Lapisan-lapisan filter dapat tersumbat oleh kotoran dan partikel lainnya, sehingga menjadi media tumbuhnya organisme. Jika masalah tersebut terjadi akan mengakibatkan bau yang kurang sedap di kabin dan boros bahan bakar karena AC yang buruk.

Demikianlah manfaat service berkala setiap 6 bulan sekali. Semoga bermanfaat.

Spesial Promo Service Berkala Hanya Di Dealer Honda Perkasa Klaten