Himbauan Dilarang Pakai Sandal Jepit Saat Berkendara, Apakah Berlaku Juga untuk Pengguna Mobil?

by | Jul 15, 2022 | Fitur | 0 comments

Halo Honda Lovers

Beberapa waktu lalu masyarakat dihebohkan dengan aturan pemerintah terkait larangan menggunakan sandal jepit saat mengemudi khususnya pengendara sepeda motor dikarenakan mempengaruhi keselamatan dalam berkendara dan mengurangi resiko tingkat kecelakaan. Selain itu pengendara juga dihimbau untuk menggunakan helm dan jaket saat berkendara.

Namun hal itu apakah berlaku juga untuk pengemudi mobil?

Umumnya saat mengemudi mobil pada bagian pedal, rem, kopling harus ditekan menggunakan alas kaki yang aman. Setidaknya gunakan alas kaki yang bisa menutup seluruh bagian alas kaki hingga mata kaki dengan baik. Selain itu perlu juga memperhatikan kenyamanan jangan sampai terlalu kecil / terlalu longgar karena tentunya bisa menganggu dalam perjalanan dan bisa menjadi tidak focus.

Menggunakan sandal jepit saat mengemudi bisa saja akan membuat kaku ketika menekan gas,rem,pedal bahkan ketika terjadi kecelakaan, sandal jepit tidak mampu memberi perlindungan yang maksimal. Maka untuk pengguna mobil memang juga lebih dianjurkan memakai sepatu saat mengemudi.

Perlu anda ketahui khususnya pengemudi wanita, bahwa selain sandal jepit tidak dianjurkan juga untuk menggunakan heels saat mengemudi, mengingat heels sendiri memiliki desain /bentuk hak yang tinggi sehingga bisa membuat pergerakan kaki pengemudi jadi sulit dan tidak mendapatkan posisi yang nyaman.

Ditambah lagi apabila terjadi kecelakaan, karena bisa berpotensi tergelincir dan menjadi cedera. Usahakan jangan menggunakan alas kaki yang memiliki sol terlalu tebal serta kaku untuk mengemudi karena hal ini bisa berpotensi berkurangnya respon keleluasaan kaki.

Baca Juga : Tips Merawat Mobil Warna Putih

Ban merupakan salah satu komponen penting dalam kendaraan yang berfungsi membantu mempertahankan dan mengubah arah perjalanan serta meredam guncangan yang ketika di jalan. Dengan kondisi setiap jalanan mungkin tidak sama, maka bisa jadi membuat kondisi ban mobil dalam kurun waktu akan berubah tidak seperti baru lagi dan hal itu jika dibiarkan saja tentu akan mempengaruhi performa dalam berkendara. Maka sangat penting bagi kita untuk memperhatikan kondisi ban mobil setiap waktu salah satunya dengan melakukan penggantian. Kira kira apa saja yang menjadi tanda tanda ban mobil sudah harus diganti ?

  1. Muncul Benjolan Pada Ban

Benjolan bisa muncul karena terjadinya benturan keras ketika berkendara dalam kecepatan tinggi seperti menghantam lubang atau mengemudi terlalu cepat di atas polisi tidur dan benjolan ini biasanya terdapat pada dinding ban. Jika hal ini dibiarkan saja maka mampu mempengaruhi bantingan roda mobil yang lebih keras.

  1. Ban Mengalami Keretakan

Keretakan pada ban biasanya terjadi karena kepanasan atau karena masa umur ban sudah melewati batas atau tekanan. Jika hal itu sudah terjadi pada mobil anda maka sebaiknya segera lakukan penggantian.

  1. Keausan Pada Ban

Salah satu tanda yang terjadi adalah pada tepakan mobil yang sudah terlihat aus dikarenakan pemakainnya yang sudah lama sehingga dinding ban terkikis. Jika hal ini dibiarkan saja maka akan membuat rangka ban menjadi keras karena bersinggungan dengan jalan dan lama kelamaan ban bisa saja pecah.

  1. Terdapat Banyak Tambalan

Ban mobil yang sudah terdapat banyak tambalan sebaiknya segeera diganti karena hal tersebut jika dibiarkan saja bisa mempengaruhi performa daya cengkeram ban menjadi menurun.

  1. Ban Mengalami Sobek

Salah satu factor yang membuat ban mobil menjadi sobek adalah karena selama berkendara sering melewati jalur yang buruk / kurang rata. Hantaman yang cukup keras mampu membuat dinding ban menjadi rusak.

Itu tadi beberapa tanda tanda ban mobil yang  sebaiknya memang sudah harus diganti, lakukanlah secara rutin pengecekan kendaraan pada bagian ban  agar keselamatan selama berkendara selalu terjaga.