Apa itu Filter Udara Kabin dan Kapan Harus Menggantinya?

by | Feb 17, 2021 | Tips Perawatan | 0 comments

Filter udara kabin berfungsi untuk membersihkan udara yang masuk ke interior melalui sistem pemanas, ventilasi, dan AC. Bahan ini menangkap debu, serbuk sari, dan bahan di udara lainnya yang dapat membuat aktivitas berkendara menjadi tidak menyenangkan, terutama jika Anda memiliki alergi atau masalah pernapasan lainnya.

Rekomendasi kapan filter udara harus diganti berbeda-beda menurut pabrikan, beberapa mengatakan setiap 12.000 atau 15.000 mil. Tetapi itu semua sebenarnya tergantung seberapa sering penggunaan mobil itu sendiri, lokasi kadang juga berpengaruh. Jika Anda mengemudi dalam kondisi lalu lintas padat di daerah perkotaan dengan kualitas udara yang buruk, Anda mungkin perlu mengganti filter udara kabin setiap tahun atau bahkan lebih sering. 

Beberapa tanda bahwa Anda memerlukan filter udara kabin baru adalah berkurangnya aliran udara melalui sistem kontrol iklim Anda, seperti saat Anda menghidupkan kipas terlalu tinggi dan mendapatkan seperti suara bising, atau mendapati bau tak sedap terus-menerus. Bisa juga bergantung pada berapa lama filter udara beroperasi, Anda juga bisa mengecek bisa jadi ada hal-hal berikut: filter tersumbat daun, ranting, serangga, serbuk sari, dan kotoran yang benar-benar menutupi seluruh permukaan yang bersentuhan dengan kaleng udara masuk. Meskipun Anda tidak memiliki peringatan ini, Anda harus memeriksa filter udara setidaknya sekali setahun, dan Anda mungkin dapat melakukannya sendiri.

Filter udara kabin biasanya terletak di bawah dasbor dan mungkin tidak mudah dijangkau, atau di bawah kap tempat udara segar masuk ke sistem kontrol iklim. Anda mungkin bisa melihat buku panduan perawatan untuk mengetahui bagaimana melepasnya.