Cara Mengemudi Mobil Pada Tanjakan

by | Jan 27, 2021 | Tips Perawatan | 0 comments

Cara Aman Kemudi Mobil Di Tanjakan

Hallo, Honda Lovers!

Mengendarai mobil tentu membutuhkan konsentrasi tinggi, agar mampu beradaptasi di medan jalan yang berbeda-beda. Salah satu hal yang dapat menjadi rintangan bagi pengemudi adalah saat membawa mobil di jalan menanjak. Ketegangan kerap dialami terutama bagi mereka yang mengendarai mobil bertransmisi manual. Diperlukan latihan berkali-kali agar mobil tidak mundur di jalan curam.
Ikuti cara-cara berikut bagi Anda yang menggunakan transmisi manual:

  • Gunakan Transmisi Rendah
    Saat menanjak di jalan curam, turunkan persneling ke gigi rendah guna mendapatkan torsi tambahan. Gunakan gigi 2 untuk tanjakan agak landai dan gigi 1 untuk tanjakan curam. Anda tidak disarankan untuk menggunakan setengah kopling saat menanjak, karena dapat menyebabkan kopling cepat habis.
  • Gunakan Rem Tangan Saat Berhenti
    Saat Anda terjebak kemacetan yang mengharuskan mobil untuk berhenti, gunakan rem tangan agar mobil tidak mundur saat di tanjakan. Ketika hendak menjalankan mobil, lepas rem tangan dan pedal kopling secara perlahan, dan di saat bersamaan tekan pedal gas secara perlahan.
    Apabila Anda menginginkan kepraktisan saat berkendara, Anda dapat menggunakan mobil bertransmisi automatic. Transmisi D dapat di gunakan pada semua kondisi jalan, untuk jalanan menanjak dan curam, Anda dapat memindahkan posisi transmisi ke S atau L. Agar lebih praktis lagi, Anda dapat menggunakan beberapa model mobil Honda yang telah dilengkapi fitur Hill Start Assist (HSA) yang berfungsi untuk mencegah kendaraan bergerak mundur saat pengemudi memindahkan kaki dari pedal rem ke pedal gas pada kondisi berhenti di jalan menanjak.
    Fitur ini dapat Anda temukan di New Honda BR-V, New Honda HR-V dan All New Honda CR-V.

Kita harus selalu memberi jarak dengan kendaraan lain saat berkendara di tanjakan. Jarak antarkendaraan harus tetap dijaga saat mengemudikan mobil. Berikan jarak yang ideal, tidak terlalu dekat atau jauh. Kita tidak akan tahu apakah mobil di depan atau di belakang siap menghadapi hal-hal tak terduga. Kalau kita memberikan jarak maka memiliki lebih banyak waktu untuk bereaksi pada suatu kondisi berbahaya. Ini dia beberapa tips yang bisa diterapkan ketika terjebak kemacetan di jalanan menanjak. Sebisa mungkin selalu berhati-hati dan waspada selama mengendarai mobil.

Baca Juga : Cara Atasi Mobil Sulit Disarter

Dealer Honda Perkasa Klaten sebagai Dealer Resmi untuk wilayah Klaten dan Sekitarnya siap memberikan pelayanan yang terbaik bagi Anda

Manfaatkan Spesial Promo Hanya di Dealer Honda Perkasa Klaten

promo dealer honda klaten

Untuk info lebih lanjut silahkan
Kunjungi dealer Honda Perkasa Klaten.
Jl. Raya Solo – Jogja No. 168 Tangkisan Pos, Jogonalan, Klaten.
Telp : 0272-3391655 / 3391365

Team Telemarketing
Dina : 082133727332
Ita : 082242421128
Official Website : www.hondaperkasaklaten.co.id
Official IG : @hondaperkasaklaten_official