Velg mobil adalah salah satu komponen yang perlu diperhatikan, karena apabila tidak dirawat dengan baik dapat mengakibatkan kecelakaan saat berkendara yang disebabkan terganggunya laju ban.
Tidak saja terlihat jelek, velg yang tak dirawat dengan baik bisa mengakibatkan kecelakaan saat berkendara. Pasalnya, laju ban bakal terganggu. Hal ini lebih parah lagi bila sepatu kendaraan ini mengalami retak atau bengkok.
Karena itu, hindari melakukan hal-hal ini untuk menjaga keawetan velg Anda

1. Ukuran ban tidak sesuai velg
Ukuran ban yang tidak sesuai bisa membuat ban cepat rusak, dan akhirnya akan mempengaruhi velg. Setiap velg memiliki ukuran standar minimal dan maksimal untuk penggunaan ban, sehingga perhatian baik-baik ban yang akan dibeli.
Pastikan ukuran ban sudah sesuai dengan ketentuan untuk mencegah velg Anda rusak.

2. Sering melewati jalan berlubang.
Sebisa mungkin, gunakan jalur yang tidak berlubang untuk dilalui kendaraan Anda atau minimal pelankan laju kendaraan saat melewati jalan rusak agar velg Anda tidak bengkok, atau pecah di bagian pinggirnya. Anda juga harus lebih waspada apabila menggunakan ban dengan bentuk tipis, karena hal ini membuat hentakan antara jalan dengan ban lebih terasa yang kemudian akan mempengaruhi velg.

3. Tekanan angin pada ban tidak sesuai.
Tekanan angin pada ban mobil memiliki standar ukuran bisa dilihat di buku manual, Pada Honda Brio RS, petunjuk tekanan angin standar terdapat di tiang pintu pengemudi. Apabila tekanan angin tidak sesuai, maka velg akan mudah penyok di bagian bibir velg.