All New Honda CR-V baru saja diperkenalkan di Indonesia, sudah diuji tingkat keselamatannya di ASEAN NCAP

by | Aug 31, 2023 | Tips Perawatan | 0 comments

Klaten – All New Honda CR-V baru saja diperkenalkan di Indonesia dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. SUV medium andalan Honda itu sudah diuji tingkat keselamatannya di ASEAN NCAP. Simak hasilnya.
All New CR-V yang masuk generasi keenam itu diuji ASEAN NCAP pada 18 Agustus 2023. Mobil itu berhasil meraih predikat tingkat keselamatan tertinggi .

Mobil ini dicap dengan keselamatan tertinggi setelah melewati beragam rangkaian uji keselamatan dengan meraih total skor 87.16 dari 100. Atas hasil itu Honda CR-V diganjar bintang lima.

Menurut laporan resmi ASEAN NCAP, varian CR-V yang diuji adalah EL 4WD, 1.5 Turbo buatan Thailand. Hasil uji ASEAN NCAP ini dapat diterapkan pada semua varian lain yang dijual di Thailand dan juga Indonesia.

Baca juga:
Honda Jual 1.992 Mobil Unit di GIIAS 2023: CR-V Masuk Tiga Teratas!

Secara lebih rinci, dalam kategori perlindungan penumpang dewasa lewat uji benturan depan dan samping, CR-V memperoleh skor 31,45 dari 32, perlindungan penumpang anak memperoleh skor 45,81 dari 51 poin, SUV ini juga mencatatkan 19,50 dari 21 poin pada kategori bantuan keselamatan, sedangkan untuk kategori keselamatan pengendara sepeda motor memperoleh skor 9,05 dari 16 poin.

 

Untuk diketahui ASEAN NCAP adalah program penilaian untuk mobil-mobil baru yang ada di kawasan Asia Tenggara. Program ini bertujuan untuk mengevaluasi standar keselamatan kendaraan, meningkatkan kesadaran konsumen, dan mendorong pasar untuk kendaraan yang lebih aman di kawasan ASEAN.

Sejak tahun 2012 hingga tahun 2023 sudah ada sepuluh model mobil Honda yang telah diuji tingkat keselamatannya oleh ASEAN NCAP yaitu; Honda City, Civic, CR-V, Jazz, HR-V, BR-V, WR-V, Brio, Brio Amaze dan Accord.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak ASEAN NCAP yang telah melakukan pengujian teknologi serta fitur keselamatan produk-produk Honda melalui prosedur dan standar yang sangat ketat. Pencapaian yang diraih All New CR-V semakin menunjukkan komitmen Honda terhadap keselamatan penggunanya dan mewujudkan visi untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi pengemudi maupun seluruh pengguna jalan lainnya,” ujar Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy.

Uji tabrak yang dilakukan merupakan bentuk kolaborasi antara ASEAN NCAP dan juga Japan Automobile Research Institute (JARI). Secara umum, pengujian harus dilakukan setelah produksi massal model dimulai.

Uji Frontal Offset Impact dilakukan menggunakan boneka uji tabrak di kursi pengemudi dan penumpang depan serta dua boneka anak pada Child Restraint System (CRS) di kursi belakang. Kecepatan uji tabrakan adalah 64 km/jam ketika menabrak penghalang tabrakan yang menggunakan aluminium yang dapat hancur.

Selain itu, dilakukan pula Side Impact Test, dilakukan dengan memasang boneka uji tabrak di kursi pengemudi dan dua boneka anak pada CRS di kursi belakang. MDB (Moving Deformable Barrier) mendekati mobil yang diuji situasional. Kecepatan tes adalah 50 km/jam.

 

Honda CR-V generasi keenam ini pertama kali diperkenalkan di kawasan Asia Tenggara yakni pada bulan Maret 2023 di Thailand. Model ini kemudian diluncurkan di Indonesia pada GIIAS 2023 lalu, setelah diluncurkan hingga tanggal 20 Agustus 2023 telah berhasil dipesan oleh konsumen sebanyak 938 unit.

Honda CR-V telah berhasil meraih secara beruntun untuk ketiga kalinya dengan rating tingkat keselamatan lima bintang. Model SUV global dari Honda ini yaitu generasi keempat di tahun 2013, generasi kelima di tahun 2017 dan generasi keenam di tahun 2023.