Akibat Telat Ganti Oli Mesin Mobil, Begini Efeknya.

by | Aug 5, 2020 | Tips Perawatan | 0 comments

Siapa disini yang masih sering telat untuk mengganti oli mesin?.  Mengganti pelumas mesin mobil memang terdengar sepele. Namun efeknya mengerikan jika telat melakukannya. Apalagi bila mobil yang dimaksud adalah tipe matik. Bagian transmisinya jangan luput dari perhatian penggantian pelumas secara berkala.

Sebab mobil matik sangatlah bergantung pada oli transmisi yang harus selalu dalam kondisi baik. Bila hal tersebut diabaikan, maka jangan heran kendaraan Anda mulai mengalami masalah-masalah hingga membuat mobil tidak mampu beroperasi lagi.

Dengan adanya oli maka mobil sobat akan nyaman dan lancar pada saat digunakan. Lalu apa yang terjadi jika oli telat atau bahkan jarang diganti, berikut efeknya?

 

1. Komponen mesin menjadi cepat rusak dan tentu saja biaya perawatan akan membengkak

Komponen dalam mesin yang saling bergesekan akan cepat mengalami keausan, karena kekentalan oli tidak mampu lagi meminimalisir gesekan komponen. Maka akan terjadi kerusakan komponen, sehingga harus mengeluarkan biaya perbaikan yang lumayan besar.

2. Telat Ganti Oli, Mesin menjadi cepat panas (overheating)

Terlambat mengganti oli akan menyebabkan mesin menjadi cepat panas karena oli tidak dapat mendinginkan mesin dengan baik. Hal ini jangan dibiarkan terus-menerus, karena komponen mesin bisa rusak. 

3. Membuat bahan bakar menjadi boros

Gesekan pada mesin yang kasar dan performa kendaraan menjadi berat karena kurangnya pelumasan, efeknya mesin membutuhkan banyak bahan bakar untuk menghasilkan tenaga

4. Kurang nyaman pada saat dibawa jarak jauh

Hal yang paling terasa saat telat mengganti oli akan jelas getaran kasar pada mesin. Nah, getaran tersebut terjadi terus-menerus sehingga menimbulkan ketidaknyamanan sekaligus kekhawatiran kerusakan mesin lebih parah ketika dikendarai apalagi kalau menempuh jarak jauh.

5. Tenaga mesin akan berkurang 

Akibat dari telat mengganti oli, yang paling terasa yaitu tenaga mobil akan berkurang, bahkan lebih parahnya lagi, mobil tidak akan bisa bergerak. Itu terjadi karena temperatur yang naik, kemudian efek pelumasannya berkurang.

Jangan sampai telat mengganti oli mesin mobil sahabat Honda Perkasa Klaten, ikuti panduan dari manual buku service Anda untuk melihat kapan mestinya oli mesin waktunya diganti. 

Dan selalu ingat, gunakan oli mesin rekomendasi Honda.

Untuk performa terbaik dan keawetan mesin Honda Anda ganti oli setiap 5.000Km atau 3 bulan sekali.

Manfaatkan Spesial Promo Service Merdeka Hanya Di Dealer Honda Perkasa Klaten

ganti oliDealer Honda Perkasa Klaten sebagai dealer resmi untuk wilayah Klaten dan sekitarnya siap memberikan pelayanan yang terbaik bagi Anda

Untuk info lebih lanjut silahkan
Kunjungi dealer Honda Perkasa Klaten.
Jl. Raya Solo – Jogja No. 168 Tangkisan Pos, Jogonalan, Klaten.
Telp : 0272-3391655 / 3391365
Team Telemarketing
Dina : 082133727332
Ita : 082242421128
Official Website : www.hondaperkasaklaten.co.id
Official IG : @hondaperkasaklaten_official

This will close in 11 seconds